Apa saja karakteristik rekayasa perangkat lunak ?

By | Mei 24, 2020
Karakteristik rekayasa perangkat lunak
Karakteristik rekayasa perangkat lunak

Karakteristik rekayasa perangkat lunak, yang dikenal sebagai SE, adalah pengembangan, desain, pemeliharaan, dan dokumentasi perangkat lunak dengan menerapkan praktik dan berbagai teknologi dari berbagai bidang seperti ilmu komputer, teknik, domain aplikasi, manajemen proyek, manajemen aset digital, dan desain antarmuka.

Konsepsi, pengembangan, dan verifikasi sistem perangkat lunak adalah inti dari rekayasa perangkat lunak. Penting untuk mengidentifikasi, mendefinisikan, menyadari dan memverifikasi karakteristik perangkat lunak yang dihasilkan. Pengujian yang diperlukan diperlukan untuk atribut seperti keandalan, fungsionalitas, kemampuan uji, perawatan, kemudahan penggunaan, ketersediaan, dan portabilitas. Dalam rekayasa perangkat lunak, perangkat lunak dapat diverifikasi untuk memenuhi persyaratan ini dengan memiliki desain dan spesifikasi teknis yang disiapkan dan diimplementasikan dengan benar. Karakteristik proses pengembangan perangkat lunak juga penting dalam rekayasa perangkat lunak. Pengembangan itu sendiri, durasi pengembangan dan risiko dalam pengembangan perangkat lunak adalah contoh dari karakteristik tersebut.

Komputer menggunakan perangkat lunak sebagai bagian dari sistemnya yang memungkinkan perangkat keras beroperasi dengan benar. Perangkat lunak dapat berupa perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem mencakup sistem operasi utama dan beragam utilitas lain yang memungkinkan komputer dan aplikasinya berjalan. Perangkat lunak aplikasi mencakup program komputer dan dokumentasi terkait yang bertanggung jawab untuk tugas pemrosesan data pengguna akhir. Perangkat lunak semacam ini dikembangkan untuk tugas-tugas seperti pengolah kata, penggajian, inventaris dan kontrol produksi.

Pengembangan perangkat lunak

Karateristik Perangkat Lunak
Karateristik Perangkat Lunak yang di gandrungi mahasiswa

Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan bisnis melalui penggunaan sistem informasi terkomputerisasi adalah apa yang dikenal sebagai pengembangan perangkat lunak. Ada dua komponen utama dalam pengembangan perangkat lunak, yaitu analisis dan desain sistem.

Analisis sistem adalah spesifikasi dari apa yang harus dilakukan oleh sistem, atau tujuan utama. Desain adalah tentang bagaimana membuat sistem melakukan apa yang diminta. Untuk analisis sistem, diperlukan untuk mempelajari sistem saat ini dengan prosedur tertentu untuk mengumpulkan dan menafsirkan data dan fakta, mengidentifikasi masalah dan menggunakan data ini untuk meningkatkan sistem yang sedang digunakan. Desain sistem mengacu pada proses pengembangan sistem baru, berkonsentrasi besar pada spesifikasi teknis dan spesifikasi lain yang membuat sistem beroperasi.

Baca juga : Bisnis untuk anak SMA

Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak

Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak
Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak

Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak, atau SDLC, adalah urutan peristiwa yang dilakukan oleh perancang, analis, dan pengguna untuk mengembangkan dan menjalankan sistem informasi. Ada beberapa tahapan dalam praktik ini, yang bisa tumpang tindih. Tahapannya adalah investigasi awal (yang merupakan studi kelayakan), Penentuan persyaratan sistem (yaitu analisis), Desain sistem, Pengembangan perangkat lunak, pengujian sistem, Implementasi Sistem dan Pemeliharaan Sistem dalam urutan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.