Kenapa Jualan di Facebook Sepi ? Berikut Penjelasannya..

By | Juli 16, 2020
jualan di facebook sepi
jualan di facebook sepi

Bagi seorang pemula, jualan di Facebook itu susah dan bisa buat sepi peminat. Sudah mencoba puluhan kali share produk gabung grup ini grup itu namun hasilnya masih nihil.

Semua butuh proses memang dan untuk menjadi seorang marketer handal butuh waktu yang lama dan sudah menelan berbagai trial dan error. Namun bagi seorang pemula, masalahnya teretak pada bagaimana caranya untuk memulai jualan di Facebook secara TEPAT.

Jika anda sudah mengetahui teknik dan skema yang tepat, otomatis berjualan di sosial media akan sangat terasa mudah serta menyenangkan. Untuk itu, diartikel ini kita akan membahas semua hal yang menyebabkan usaha di facebook sepi peminat.

Penyebab Facebook Anda Sepi

Mencari tutorial cara jualan di facebook maka akan banyak sekali website yang mambahasnya. Namun tidak semua yang diajarkan itu berhasil bukan ?

Kita harus menjelajahi kreatifitas kita dalam dunia marketting jangan hanya ikut-ikutan cara orang. Skemanya, cukup mudah kenali skemanya dan buat petanya.

1. Penyebab Pertama, Market Anda Salah

Bisnis online tidak berbeda skemanya dengan bisnis ofline.

Untuk memasarkan produk baik produk pribadi atau produk orang lain, kita perlu pergi dan menasarkan produk kita ke tempat-tempat ramai seperti di alun-alun atau pasar. Mengapa di tempay ramai ? Karena ditempat inilah orang-orang berkumpul dan potensi produk anda laku itu besar.

jualan sepi di facebook
jualan sepi di facebook

2. Nilai Kepercayaan Kurang

Bisnis online lebih rumit strukturnya daripada bisnis ofline. Karena setelah terjadi transaksi atau pembelian, kita selaku pejual harus mengirim barang ke tempat costumer dan dalam beberapa hari barang akan sampai.

Sementara bisnis offline, setelah terjadi transaksi barang langsung ke tangan konsumen detik itu juga.

3. Audiens Yang Kurang Memadai

Audiens merupakan aset penting dalam sebuah bisnis online. Audiens anda dalam hal ini adalah calon pembeli. Bisa berupa likers dari fanspage ataupun para follower kita.

Logikanya, semakin banyak follower maka saat kita posting lebih banyak pula yang melihat postingan kita. Sehingga akhirnya peluang terjadinya transaksi lebih banyak.

Memang hal itu benar, tapi kembali lagi ke point nomor satu, mengenai minat pembeli. Jika anda memiliki 5000 follower dengan minat beragam, angka penjualan anda bisa rendah. Namun jika anda memiliki 1000 follower dengan tertarget dengan minat sejenis maka itulah awal dari penghasilan besar anda.

Facebook juga akan menganggap sebuah akun itu spam jika sangat banyak melakukan posting namun minim tanggapan dari followernya, jadi hati-hatilah.

Sementara kita yang baru menerjuni bidang ini, juga akan menemukan kesulitan. Kesulitan yang sering dialami yakni mengapa produk yang saya pasarkan sepi peminat ? Untuk itu, diartikel ini kita akan membahas langkah demi langkah untuk mengatasi Facebook anda yang sepi.

1.  Gunakan Fanspage Untuk Memasarkan Produk


Mengapa kita menggunakan Fp dan bukan menggunakan personal accont. Kita akan membuat sebuah bisnis yang isinya berupa produk-produk yang akan anda jual.


Jika kita menggunakan personal acount, fiturnya sangat terbatas karena personal acount itu didesain untuk akun pribadi yang digunakan sebagai lahan cuitan bukan jualan.


Pada Facebook Fanspage, sudah memiliki berbagai fitur seperti fitur boost post yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk kita lebih tertarget. Selain itu, fitur terbaru yakni  Fanspage shop yang bisa kita gunakan secara gratis.

2. Buat Fanspage anda Dikenal Dulu Agar Dapat LIKE

Jika 5 menit anda langsung posting salah satu produk anda, maka itu adalah kesalahan besar. Mengapa ? karena itu adalah hal yang percuma, belum ada orang yang like atau follow Fanspage anda. Sehingga puluhan posting pun tidak akan mendapatkan respon.
Jika anda pemain pemula, maka lakukan langkah sederhana ini.

  • Gabung ke komunitas atau Group-group aktif yang banyak membahas hal-hal berkaitan dengan produk anda.
  • Share konten berupa artikel yang menarik dan jika bisa masih berhubungan dengan produk yang akan anda jual. Misal anda akan menjual produk fashion, maka artikel yang anda share yakni artikel yang berkaitan gaya berpakaian yang lagi tren, unik dan tips mengenai penampilan diri.
  • Anda juga bisa menyertakan video dari Youtube untuk menambah keberagaman konten di fanspage anda.
  • Anda juga bisa invite seluruh teman untuk menyukai Fanspage yang anda buat, langkah ini dilakukan saat fanspage anda sudah memiliki beberapa konten.
  • Lakukan cara ini hingga anda mendapatkan ratusan audiens yang nantinya akan dijadikan sebagai target promosi.

Baca Juga : CARA PRAKTIS PROMOSI & NGIKLAN SECARA GRATIS DI FACEBOOK UNTUK MELEDAKAN PEJUALAN ANDA.

3. Beri Tanggapan pada Para Fans

Faktor berikutnya yang tak kalah penting yakni  kedekatan antara penjual dan pembeli.

Jika anda adalah seorang konsumen, mana yang anda pilih
Anda membaca website A, disitu artikelnya sangat bagus namun ada banyak pengunjung yang bertanya namun tidak dijawab/diabaikan.

Anda membaca website B, walau artikelnya biasa saja, namun pemilik website sangat antusias membalas tiap komentar yang masuk.

Website A seakan hanya mengejar target Visitor saja, namun Wesite B tidak hanya soal visitor namun interaksi antara pemilik web dan pembaca juga terjalin dengan baik.

Dari hal ini website B meski terkesan biasa namun bisa masuk ke pikiran kita hingga kita ingin mengeceknya tiap hari.

Baca Juga : Bayangkan, Membuat Halaman Profile Page Yang Menarik Jadi Semudah Ini?

Cara diatas, bisa anda lakukan dengan mudah namun bisa memakan waktu hingga 2 bulan sampai mendapatkan penjualan pertama. Itu juga jika kinerja anda cepat.

Hal ini dikarenakan visibilitas posting kita di Facebook itu sekitar 2-4 %. artinya dari 100 fans, itu hanya sekitar 3 orang saja yang melihatnya. dan mereka juga belum tentu membaca apa postingan anda.

Untuk itu, cara singkat agar fanspage anda dikenal oleh pengguna Facebook yang tertarget yakni dengan memanfaatkan layanan Facebook Ads.

Tapi kan itu bayar,

Pilih mana, mengorbankan sedikit uang namun bisnis kita berjalan dengan cepat atau pilih yang gratisan namun bisnis kita sangat lama jalannya.

Jika difikir-fikir waktu juga merupakan uang atau modal. Sehingga kehilangan banyak waktu sama saja kehilangan banyak uang.

Anggap ini sebagai modal, karena apapun bisnisnya baik offline atau online membutuhkan modal. Jika anda melihat artikel bisnis tanpa modal itu 100% HOAX. Ya karena jika kita tidak melibatkan Facebook ads pun kita harus modal kuota internet, listrik. Sehingga tidak ada bisnis tanpa modal.

Pentingnya Facebook Untuk Bisnis Anda

Sumber :

  • https://www.anhurayra.com/2017/07/usaha-facebook-sepi.html
  • https://www.anhurayra.com/2017/07/jualan-di-facebook-sepi.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.